6 Langkah mudah agar smartphone tak lagi lemot - Seribu Aneka Tips

Post Top Ad

6 Langkah mudah agar smartphone tak lagi lemot

6 Langkah mudah agar smartphone tak lagi lemot

Share This


Seperti halnya komputer, sebuah perangkat mobile juga lama kelamaan akan menjadi pelan dalam pengoperasiannya. Untuk mendapatkan performa yang bagus lagi, berikut ada beberapa tips untuk melakukannya.

Apabila perangkat mobile Anda sudah mulai berjalan pelan, maka jangan terburu-buru menyalahkan perangkat tersebut atau mengatakan bahwa pihak operator yang sedang bermasalah.

Tentunya bukan tidak menutup kemungkinan bahwa perangkat tersebut menjadi lamban dalam beroperasi dikarenakan kelalaian penggunanya. Untuk itu, ada beberapa tips untuk membuat perangkat mobile tersebut kembali dalam top performance.



1. Periksa kapasitas smartphone
Tentu saja, secara logika apabila ada muatan yang sangat banyak yang tersimpan baik dalam memori internal atau eksternal, maka akan membuat perangkat menjadi lamban dalam beroperasi.

Untuk itu, backup atau hapus data-data yang sudah tidak terpakai di dalam perangkat dan minimalkan untuk menyimpan data-data yang tidak begitu penting di kemudian hari.

Hapus pula, setiap History sampai dengan Cache dalam browser untuk mendapatkan space yang lebih dan dapat membuat perangkat lebih mulus berjalan.




2. Hapus aplikasi tak berguna
Tidak dapat menyalahkan siapapun apabila seorang pemilik suatu perangkat mobile selalu ingin coba-coba mengunggah dan menginstal aplikasi atau game dalam perangkatnya.

Namun, dengan aksi tersebut ternyata juga dapat melambatkan kinerja perangkat karena beban yang harus dibaca memori juga jauh lebih berat. Untuk itu, hapus atau uninstall semua aplikasi atau game yang sekiranya tidak lagi atau jarang digunakan.

3. Update software
Tentunya, salah satu kunci utama agar perangkat menjadi kembali dalam performa puncaknya adalah dengan memberikan update pada operating systemnya. Dengan memberikan update terhadap operating system, maka perangkat seperti halnya mendapatkan kekuatan baru untuk dipergunakan bekerja.
4. Hapus widgets tak berguna
Memang terkadang widgets di halaman utama diperlukan sebagai jalan pintas untuk pengaksesan sesuatu. Namun, ada kalanya widgets-widgets yang terpasang itu justru menguras memori terlalu banyak.
5. Pikir ulang sebelum lakukan root dan overclock
Rooting dan overclocking sebuah perangkat tidak hanya terbatas pada komputer saja. Sekarang ini juga mulai merambah perangkat mobile. Namun ternyata, dengan melakukan hal ini justru membuat baterai cepat terkuras, beberapa software bawaan pabrik tidak support dan membuat perangkat berjalan pelan.

Oleh karenanya, diimbau untuk lebih bijak sebelum melakukan rooting perangkat karena belum tentu dengan hal tersebut, perangkat akan lebih baik.
6. Tutup aplikasi di balik layar
Ada kalanya seorang pengguna perangkat mobile lupa untuk kembali menutup aplikasi yang dia gunakan sebelumnya dan membuka aplikasi baru. Hal tersebut justru membuat baterai perangkat lebih cepat habis dan berjalan lamban.

Oleh karenanya, diharapkan memeriksa terlebih dahulu apakah masih ada aplikasi lain yang masih terbuka sebelum mengakses aplikasi atau game baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages