Inilah Salah satu Penyebab Ban Sepeda Motor Bocor - Seribu Aneka Tips

Post Top Ad

Inilah Salah satu Penyebab Ban Sepeda Motor Bocor

Inilah Salah satu Penyebab Ban Sepeda Motor Bocor

Share This
Tak jarang biker mengalami ban kempes bukan karena terkena paku atau benda lain, melainkan kempes karena ban atau si karet bundar kekurangan angin. Padahal level terpenting untuk diperhatikan sebelum berkendara adalah bagian tersebut.

Untuk itu penting menjaga kondisinya, jangan sampai bagian ini kekurangan angin. Terlebih saat membawa penumpang atau muatan ketika di perjalanan. Ban motor, baik tipe tubeless maupun tube type/ban dalam, harus dijaga tekanannya. Jika dibiarkan kekurangan angin dan digunakan dalam waktu lama, maka akan berakibat rusaknya komponen yang terbuat dari karet tersebut.

"Kalau ban yang masih menggunakan ban dalam, akan cepat rusak jika kekurangan angin. Ini akibat ban dalam yang kurang angin, termakan oleh ban luar atau terjepit. Mengisi angin ban jangan terlalu keras dan jangan sampai kurang, harus pas sesuai yang direkomendasikan pabrikan," jelas Rifat Sungkar kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.




Dia pun menuturkan bahwa ban tubeless memang tidak akan mengalami kerusakan separah ban dalam. Namun jika ban kekurangan angin dalam waktu yang lama, maka angin akan keluar dari celah-celah ban dan pelek. Akibarnya ban menjadi kempes.

Umumnya mengatasi ban motor kempes karena bocor dilakukan dengan cara ditambal, namun perlu juga memperhatikan kondisi ban. Untuk tipe ban tubeless, jika tambalannya cukup banyak sebaiknya diakali menggunakan ban dalam di ban tubeless. Artinya fungsinya sebagai ban tubeless takkan berjalan lagi karena diperlakukan seperti tube type.

Sementara untuk tipe tube type, jika penambalannya sudah lebih dari tiga kali, maka dianjurkan untuk diganti dengan yang baru. Ini untuk mencegah ban kempes kembali, akibat kekuatan tambalan yang tidak optimal pada karet ban. (UDA)


METROTVNEWS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages