Cegah Pencurian Uang di Rekening Tabungan Pakai Cara Ini - Seribu Aneka Tips

Post Top Ad

Cegah Pencurian Uang di Rekening Tabungan Pakai Cara Ini

Cegah Pencurian Uang di Rekening Tabungan Pakai Cara Ini

Share This


Kehilangan uang secara misterius di rekening bank memang meresahkan. Pasalnya, bank yang dinilai sebagai tempat aman menyimpan uang bisa menjadi tempat yang menyeramkan. 



close


Seperti kasus nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Nita Yuliastuti. Beberapa hari lalu uangnya raib sebesar Rp 18 juta secara misterius. Ada empat kalo transaksi penarikan uang di mutasi rekeningnya. Namun ia tak pernah melakukan penarikan tersebut. 

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan dari hasil penelusuran BRI, transaksi pada rekening Nita Yuliastuti merupakan transaksi dengan indikasi skimming.

Skimming memang bukan hal baru di Indonesia. Ini adalah tindakan pencurian informasi kartu debit atau kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu debit atau kredit secara illegal untuk memiliki kendali atas rekening korban.




"Teknik skimming dilakukan dengan cara mengggunakan alat yang ditempelkan pada slot mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer," kata Bambang saat dihubungi detikFinance, Selasa (13/2/2018).

Dia menjelaskan, skimming adalah tindak kejahatan yang menyerang perbankan dan terjadi tak hanya di Indonesia. Tapi juga di sejumlah negara dengan jaringan internasional.

"Ketika ada pembobolan rekening, selain nasabah, pihak bank pun turut menjadi korban. Reputasi akan kenyamanan dan tingkat keamanan yang terjaga menjadi turun di mata masyarakat," imbuh dia.




Dia mengungkapkan, terkait laporan pengaduan Nita Yuliastuti BRI telah mengganti dana sebesar Rp 18.062.407 pada 9 Februari 2018.

"Bank BRI juga telah menghubungi Ibu Nita Yuliastuti untuk menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf serta hasil penyelesaian pengaduannya," ujar dia.



DETIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages