5 Tip Mengelola Gaji - Seribu Aneka Tips

Post Top Ad

5 Tip Mengelola Gaji

5 Tip Mengelola Gaji

Share This

Sulit mengelola gaji? Gunakan lima tip ini.

Mengelola gaji setiap bulannya kadang bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak sedikit orang yang sudah menghabiskan gajinya hanya beberapa hari setelah gajian. Banyaknya pengeluaran, kebutuhan, atau keinginan membuat orang mengeluarkan uang tanpa banyak berpikir. Saat gaji hanya tersisa sedikit atau bahkan sudah habis, kebanyakan orang baru berpikir untuk apa saja uang tersebut digunakan.
Keadaan tersebut jelas tidak menyenangkan karena hanya beberapa hari kamu merasa memiliki uang. Namun, keadaan tersebut juga tidak akan terjadi jika kamu bisa mengelola gaji dengan baik. Gaji yang dikelola sejak diterima akan bisa bertahan hingga akhir bulan. Tidak hanya hingga akhir bulan, gaji tersebut bahkan bisa membuatmu menambah penghasilan asalkan kamu gunakan dengan tepat.
Nah, sebaiknya bagaimana mengelola gaji tiap bulannya? Lakukan lima tip ini agar gajimu bisa bertahan dan berguna tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga masa depan.

Buat Skema Belanja

Pengeluaranmu dalam satu bulan tentu sudah dapat kamu perkirakan. Kebutuhan pribadi yang diperlukan setiap bulan, biaya operasional rumah, belanja harian, hingga biaya transportasi, kamu pasti sudah bisa mengetahui nominalnya. Kamu juga pasti sudah bisa menghitung pengeluaran harian atau mingguan. Untuk pengeluaran seperti ini, kamu sudah bisa menganggarkan setiap bulannya. Eliminasi pengeluaran yang dirasa tidak perlu dan jangan tergoda untuk menambah rencana-rencana lain. Cukup sisihkan uang untuk keperluan mendadak.

Bayar Segala Tagihan

Tagihan adalah hutang yang artinya harus kamu bayar. Oleh sebab itu, pisahkan gaji kamu untuk membayar segala tagihan penting agar tidak bertambah berat di kemudian hari. Akan lebih baik, jika kamu menghindari kredit atau tagihan. Namun, bila hal tersebut tidak terhindarkan usahakan agar tidak memiliki terlalu banyak tagihan sehingga gajimu bisa digunakan untuk hal lain.

Sisihkan untuk Tabungan

Sekalipun sulit, usahakanlah untuk menabung. Meskipun jumlahnya tidak besar, menabung setiap bulan akan memberimu kemudahan di waktu yang akan datang. Uang tabungan tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan mungkin bisa membantumu di saat-saat sulit.
Namun, menyimpan uang terkadang sangat riskan karena bisa digunakan kapan pun. Oleh sebab itu, cobalah untuk menyimpannya di akun rekening berbeda yang khusus untuk menabung. Pisahkan rekening tersebut dengan rekening bank yang menyimpan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Berusahalah untuk disiplin dalam menabung agar kamu memiliki simpanan yang berguna di kemudian hari.

Investasi

Investasi merupakan rencana penting yang harus kamu lakukan sedari muda. Investasi tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk saat ini, tetapi juga jangka panjang saat kamu sudah tua dan pensiun. Oleh sebab itu, rencanakan produk investasi apa yang ingin kamu coba. Pertimbangkan dana yang dimiliki, tujuan investasi, serta profil risikomu. Cari pula informasi mengenai investasi sebanyak mungkin untuk meminimalkan kerugian.
Investasi sendiri ada banyak jenis dan ragamnya. Salah satu investasi yang bisa dicoba oleh anak muda ialah investasi emas batangan. Investasi emas batangan merupakan investasi jangka panjang yang aman dengan risiko kecil. Sekarang pun, kamu bisa berinvestasi dengan banyak cara. Salah satunya, membeli emas batangan melalui aplikasi e-mas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages